Ubuntu 19.04 Gratis Untuk PC Pendidik

Ubuntu (salah satu distro linux terkemuka) pada April 2019 merilis seri operating system terbarunya dengan label Ubuntu 19.04 Disco Dingo. Tentu sejumlah fitur baru juga tersemat pada seri ini, sebagai penyempurnaan dari seri sebelumnya. Berikut ini adalah fitur baru tersebut.

tokopedia hilal edustore
  • Yaru Theme support lebih banyak aplikasi
  • GNOME 3.32
  • Application Permission Control
  • Perbaikan minor pada aplikasi terminal
  • Kontrol Granular pada mode Cahaya Malam
  • Tampilan baru Setelan Audio
  • Linux Kernel 5.0
  • Mesa 19.0
  • Improrvisasi performa

Keuntungan Ubuntu 19.04 Bagi Pendidik

Ubuntu adalah sistem operasi bebas, bisa didapatkan secara gratis atau pun berbayar dengan harga sangat murah. Ubuntu merupakan OS alternatif pengganti Windows yang sudah populer lebih dahulu di Indonesia. Jika Windows 10 terkini dibanderol dengan harga di atas satu juta, maka Ubuntu bisa didownload secara bebas di laman http://releases.ubuntu.com/19.04/ .

Ubuntu 19.04

Ubuntu mampu menyelesaikan pekerjaan kantor. Ubuntu Disco Dingo sudah mendukung LibreOffice 6.2.2 yang memiliki performa handal pada Writer, Spreadsheet, Impress, Math, dan Drawing. Pekerjaan mengetik MS Word bisa dikerjakan di Ubuntu melalui aplikasi LO Writer. Pekerjaan berhubungan dengan tabel dan formula dikerjakan melalui LO Spreadsheet. Permasalahan presentasi dapat dikerjakan oleh LO Impress.

ubuntu 19.04 kompatibel

Ubuntu juga menawarkan update dan dukungan hingga beberapa tahun ke depan. Pendidik dapat menikmati proses bagaimana sebuah sistem operasi secara berkala diberikan pembaruan-pembaruan oleh server OS. Jika pendidik sudah terbiasa dengan Windows bajakan seharga Rp. 50.000,- maka pengalaman menggunakan Ubuntu akan sangat berbeda dan menarik.

Dengan menggunakan Ubuntu 19.04, berarti pendidik menjadi salah satu pioner perubahan dibidang IT. Perubahan tersebut bermakna ikut mengedukasi masyarakat Indonesia agar terlepas dari produk bajakan, produk tidak bebas, maupun produk yang berharga mahal. Melalui sistem operasi Ubuntu, masyarakat juga diedukasi untuk lebih kreatif dalam dunia programing.

Kendala Migrasi Dari Windows Ke Ubuntu

Salah satu kendala terbesar bagi seseorang untuk beralih menjadi pengguna Ubuntu adalah terkait kebiasaan. Biasanya begini, biasanya begitu, tetapi tidak ada sekarang dan berbeda 180 derajat. Mungkin dalam istilah lain ialah GAGAL MOVE ON dari Windows. Pengguna yang mengalami gagal Move On dapat melakukan pembiasaan secara berkala dengan menggunakan dual sistem dalam satu PC/laptop. Sehingga sekali waktu menggunakan Ubuntu dan sekali waktu menggunakan Windows. Alternatif lainnya adalah membiasakan diri menggunakan Libre Office sebagai pengganti Microsoft Office.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − one =