Pengujian Kecepatan Halaman Website

Pengujian Kecepatan Halaman Website

Pengujian kecepatan halaman website adalah mengukur seberapa cepat halaman website dapat tampil penuh oleh web browser. Bertujuan untuk memperbaiki performa website, dengan membenahi bagian-bagian kurang maksimal dari halaman website. Pengujian ini wajib dilakukan oleh webmaster supaya websitenya bisa tampil maksimal di perangkat desktop dan mobile. Kecepatan load halaman juga mempengaruhi banyaknya pengunjung website, jika load halaman lama maka pengunjung akan cepat-cepat kabur dari website Anda.


Pada kesempatan kali ini, Anda akan mencoba mengetahui performa website dalam sudut pandang beberapa tools penguji kecepatan halaman.

Pengujian GTMetrix

GTMetrix merupakan tool praktis. Pembuatanya adalah GT.net bertujuan untuk membantu pelanggan mereka mengelola performa website lebih mudah. Tool ini bisa terlihat di https://gtmetrix.com/. Pada halaman tersebut Anda langsung bisa memasukkan domain website. Berikutnya tinggal mengklik tombol analyze, maka sekejap GTMetrix memulai analisisnya. Anda dapat menunggu beberapa saat untuk menerima laporan.

Setelah laporan ter-generate, maka muncul nilai PageSpeed dan nilai YSlow. Pada bilah page detail, tersaji kecepatan load halaman (dari GTMetrix server), besar halaman yang terload, dan banyak request https pada halaman. Lebih detail lagi bisa Anda lihat di detail laporan GTMetrix.

Pengujian Kecepatan Menggunakan Google PageSpeed Insights

PageSpeed Insights adalah tool untuk menganalisis konten halaman web, lalu memberikan saran agar halaman jadi lebih cepat. Tool ini dikembangkan oleh Google untuk pengguna internet. Tool ini bisa terakses di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. Pada halaman tersebut Anda tinggal memasukkan domain website dan mengklik tombol analisis. Seketika itu juga PageSpeed insights menganalisis halaman tersebut

Laporan berupa skor Pagespeed untuk desktop dan mobile ada di depan Anda. PageSpeed Insights juga memberikan rekomendasi pengoptimalan dari halaman website anda. Selain itu, PageSpeed Insights juga menampilkan pengoptimalan yang sudah Anda lakukan di halaman website tersebut.

Pengujian Pingdom

Pengujian kecepatan halaman website berikutnya menggunakan tool dari Pingdom. Pingdom merupakan organisasi profit dalam jasa monitoring performa website. Pingdom tool ini dapat terakses di https://tools.pingdom.com/. Pada halaman tersebut Anda bisa memasukkan nama domain dan memilih server untuk melakukan test. Kami menyarankan untuk menggunakan server yang terdekat. Setelah itu tinggal klik tombol start test. Tunggu beberapa saat hingga laporan ter-generate.

Setelah laporan tersedia, Anda bisa melihat skor PageSpeed, waktu load halaman, ukuran halaman. Terdapat rekomendasi untuk mengoptimalkan website yang Anda miliki. Keterangan terkait load masing-masing komponen juga terlampirkan dalam gambar.

Demikian sharing saya tentang pengujian kecepatan website menggunakan beberapa tools. Seiring perkembangan dunia web, bisa jadi alat untuk pengujian ini tidak begitu relevan di kemudian hari.

Referensi Tulisan

  • https://gtmetrix.com/
  • https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  • https://tools.pingdom.com/

Satu pemikiran pada “Pengujian Kecepatan Halaman Website”

Tinggalkan komentar