Tugas IPA SMPN 1 Lewolema Kelas Pak Yan Surachman, S.Pd

Wabah COVID-19 masih belum selesai. Peserta Didik SMPN 1 Lewolema masih wajib belajar IPA di rumah. Jangan lupa mengerjakan Tugas IPA SMPN 1 Lewolema (bimbingan Yan Surachman) yang telah dirincikan berikut. Serta jangan lupa menonton BELAJAR dari RUMAHdi TVRI.

Tugas IPA SMPN 1 Lewolema Kelas 8

Tugas Periode 23 Maret – 4 April 2020 (LEWAT)

  1. Siswa membuat ringkasan tentang GETARAN DAN GELOMBANG di buku catatan.
  2. Membuat infografis / poster tentang GETARAN DAN GELOMBANG di kertas HVS.
  3. Membuat peta konsep tentang GETARAN DAN GELOMBANG di kertas HVS.
  4. Siswa membuat satu laporan percobaan GETARAN DAN GELOMBANG di kertas folio.
  5. Mengumpulkan semua tugas di rumah guru terdekat.

Setiap peserta didik wajib melaporkan progres tugas dengan mengirimkan foto tugas ke pesan Facebook Yan Surachman atau ke whatsapp 082139111844 pada tanggal 28 Maret 2020.

Tugas Periode 6 April – 21 April 2020 (LEWAT)

  1. Download Buku IPA Kelas 8 >> KLIK DISINI <<
  2. Peserta didik membuat rangkuman tentang SIFAT CAHAYA DAN ALAT OPTIK di buku catatan.
  3. Membuat poster tentang SIFAT CAHAYA DAN ALAT OPTIK di kertas HVS.
  4. Membuat peta konsep tentang SIFAT CAHAYA DAN ALAT OPTIK di kertas HVS.
  5. Mengisi form berikut. KLIK DISINI UNTUK MENGISI FORM
  6. Mengumpulkan semua tugas di rumah guru terdekat.

Setiap peserta didik wajib melaporkan progres tugas dengan mengirimkan foto tugas ke pesan Facebook Yan Surachman atau ke whatsapp 082139111844 pada tanggal 12 dan 19 April 2020.

Tugas Periode (22 April 2020 – 31 Mei 2020) [LEWAT]

  1. Menonton siaran BELAJAR DARI RUMAH di TVRI untuk SMP.
  2. Membuat 2 ARTIKEL tentang pengalaman menonton siaran BELAJAR DARI RUMAH di TVRI. Ditulis dikertas HVS minimal 300 kata tiapa artikel.
  3. Peserta didik membuat 1 ARTIKEL KRITIS tentang PENTINGNYA BELAJAR BAB GETARAN/GELOMBANG DAN CAHAYA/ALAT OPTIK selama masa Pandemi COVID-19. Ditulis dikertas HVS minimal 300 kata tiap artikel.
  4. Membuat 2 POSTER berisi himbauan menjaga diri dari COVID-19 di kertas HVS.
  5. Mengumpulkan semua tugas di rumah guru terdekat.

Masing-masing peserta didik melaporkan PROGRES TUGAS DAN KONSULTASI dengan mengirimkan foto tugas ke pesan Facebook Yan Surachman atau ke whatsapp 082139111844 setiap SENIN, SELASA dan JUMAT hingga 31 Mei 2020.

Tugas IPA Kelas 9

Tugas Periode 23 Maret – 4 April 2020 (LEWAT)

  1. Mengerjakan soal UN Tahun 2018/2019 nomor 1-40 lengkap dengan pembahasan masing-masing soal dibuku tulis.
  2. Mengumpulkan semua tugas di rumah guru terdekat.

Setiap peserta didik wajib melaporkan progres tugas dengan mengirimkan foto tugas ke pesan Facebook Yan Surachman atau ke whatsapp 082139111844 pada tanggal 28 Maret 2020.

Tugas Periode 6 April – 21 April 2020 (LEWAT)

  1. Peserta didik kelas 9 harus selalu siap untuk menghadapi ujian sehingga harus tetap belajar. Caranya dengan membaca catatan yang sudah dimiliki atau browsing untuk mengakses materi pembelajaran.
  2. Mengisi Form pada link yang sudah diberikan. KLIK DISINI UNTUK MENGISI FORM
  3. Mengumpulkan semua tugas di rumah guru terdekat.

Setiap peserta didik wajib melaporkan progres tugas dengan mengirimkan foto tugas ke pesan Facebook Yan Surachman atau ke whatsapp 082139111844 pada tanggal 12 dan 19 April 2020.

Tugas Periode (22 April 2020 – 31 Mei 2020) [LEWAT]

Tugas IPA SMPN 1 Lewolema
  1. Menonton siaran BELAJAR DARI RUMAH di TVRI untuk SMP.
  2. Membuat 3 ARTIKEL tentang pengalaman belajar IPA selama masa Pandemi COVID-19. Ditulis dikertas HVS minimal 300 kata tiap artikel.
  3. Membuat 2 POSTER berisi himbauan menjaga diri dari COVID-19 di kertas HVS.
  4. Mengumpulkan semua tugas di rumah guru terdekat.

Setiap peserta didik wajib melaporkan PROGRES TUGAS DAN KONSULTASI dengan mengirimkan foto tugas ke pesan Facebook Yan Surachman atau ke whatsapp 082139111844 setiap RABU, KAMIS dan SABTU hingga 31 Mei 2020.

Cara Belajar IPA Mandiri Di Rumah

Menonton Siaran TVRI (BARU)

Mulai Senin, 13 April 2020, Televisi Republik Indonesia (TVRI) akan menayangkan program baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertajuk Belajar dari Rumah. Program tayangan ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah wabah Covid-19. Program Belajar dari Rumah di TVRI akan menampilkan berbagai tayangan edukasi, seperti pembelajaran untuk jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu. Untuk sementara, program ini akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020.

Membaca Buku Sekolah Elektronik

Peserta didik dapat membaca Buku Sekolah Elektronik (BSE) melalui HP atau pun Laptop. Bagi pengguna HP dapat mengunduh di PlayStore > “Tuliskan: Buku Sekolah Elektronik” lalu tekan Cari > Muncul aplikasi hasil pencarian. Saya merekomendasikan 3 Aplikasi untuk dipilih salah satunya yaitu: (1) Kipin School, (2) Buku Sekolah (BSE) by Toto Sugito, (3) Buku Sekolah Elektronik by Anni Media. Lalu Install.

Bagi pengguna laptop. Dapat mengunduh Buku Sekolah Elektronik (BSE) di https://bukusekolahdigital.com/data/2013/. Setelah file PDF buku terunduh, silahkan membaca materi dan tugas yang tersedia.

Mengakses Portal Rumah Belajar

Peserta didik dapat mengakses Portal Rumah Belajar Kemdikbud melalui HP atau pun Laptop. Pengguna HP dapat menginstall aplikasi Rumah Belajar melalui PlayStore. Caranya masuk PlayStore > ketik “rumah belajar” lalu tekan Cari > Muncul aplikasi Rumah Belajar by Rumah Belajar Kemendikbud. Lalu Install.

Bagi pengguna laptop. Dapat memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud di https://belajar.kemdikbud.go.id/. Setelah mengakses halaman tersebut, silahkan login menggunakan akun Google Anda.

Tanya Jawab Melalui Brainly.co.id

Peserta didik dapat mengakses Brainly melalui HP atau pun Laptop. Pengguna HP dapat menginstall aplikasi Brainly melalui PlayStore. Caranya masuk PlayStore > ketik “brainly” lalu tekan Cari > Muncul aplikasi BRAINLY. Lalu Install.

Bagi pengguna laptop. Dapat memanfaatkan layanan Brainly di https://brainly.co.id. Setelah mengakses halaman tersebut, silahkan login menggunakan akun Facebook Anda.

Menggunakan Aplikasi Lainnya

Peserta didik dapat menggunakan aplikasi HP atau Laptop selain merk yang tertulis. Saya mengetahui bahwa banyak yang bisa bermanfaat bagi Peserta Didik untuk belajar di rumah. Bahkan jika peserta didik aktif, ia bisa menjumpai pengetahuan baru yang tidak pernah terajarkan di sekolah.

JIKA ADA YANG INGIN BERTANYA SILAHKAN BERKOMENTAR PADA TEMPAT BERIKUT!!!

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*