SMPN 1 Lewolema Gunakan Internet Dalam KBM IPA

Siswa SMPN 1 Lewolema mulai menggunakan internet dalam KBM reguler di kelas. Tepatnya pada 27 Januari 2020, Pak Yan (guru IPA) bersama siswa kelas VIII-A dan VIII-B melakukan perampungan laporan percobaan terkait kapilaritas pada tumbuhan pacar air (Impatiens balsamina L). Pak Yan bermaksud untuk memperkenalkan pemanfaatan media internet dalam menyelesaikan tugas-tugas IPA.

Internet memang bukan sesuatu yang baru di sekolah lain, namun bagi siswa kelas VIII SMPN 1 Lewolema, hadirnya internet di kelas adalah hal yang tidak biasa. Kondisi geografis sekolah yang berada diantara bukit-bukit membuat area sekolah tidak terjangkau oleh sinyal. Tower telkomsel terdekat memang ada, jaraknya sekitar 4 km, namun berada di balik bukit, ungkap Yan. Keadaan ini sempat membuat sekolah ketinggalan informasi dalam beberapa tahun dan tidak berani mengadakan UNBK.

SMPN 1 Lewolema Genesia Ina Piran
Genisia Ina Piran beserta kelompok, mengakses Google untuk menyelesaikan tugas.

Adalah Bakti Aksi, program dari Keminfo yang menyalurkan akses internet ke daerah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar. Program inilah yang menjadi garda terdepan hadirnya internet di SMPN 1 Lewolema. Lebih lanjut Yan, Guru IPA, menjelaskan bahwa siswa memiliki minat yang besar terhadap internet. Namun, sekolah tidak dapat menyediakan karena berbagai keterbatasan. Internet yang dihadirkan oleh Bakti Aksi pun bisa menjadi melambat kecepatannya jika digunakan oleh banyak pengguna. Jadi dalam sebuah KBM di kelas hanya 3-5 orang saja yang terkoneksi internet, tambah Yan.

Internet di kelas VIII SMPN 1 Lewolema
Pak Yan mengendalikan akses pengguna internet di kelas.

San (Hipolitus Bura Lebuan), Flora (Maria Flora Leton), dan Geni (Genisia Ina Piran) sangat menikmati pembelajaran. Apalagi pembelajaran IPA yang melibatkan pencarian informasi di internet. Hampir seluruh siswa kelas VIII kini mengenal Google, sebagian kecil mulai mengenal Brainly, website belajar. Sejak diberikan kebebasan untuk mencari bahan belajar di internet, siswa menjadi cepat mengerjakan tugas, ungkap Yan.

About Yan Surachman 129 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*