Profil Admin

Admin Yan Surachman
Kiri ke kanan: Ivan SGM (baju cokelat), Addin NM, dan Admin Yan Surachman

Assalamu’alaikum, nama saya Yan Surachman, biasa dipanggil Pak Yan. Saya adalah seorang pengajar di bidang IPA, dengan spesialisasi biologi. Kampung halaman saya adalah Jawa Timur, tepatnya sebuah kabupaten yang bernama Pasuruan. Menulis artikel di website adalah hobi yang cukup lama saya lakoni. Tahun 2010 adalah tahun dimana saya membuat blog pertama. Saya ingat bahwa blog tersebut saya kompil satu persatu dengan layanan 000webhost.

Pengalaman pertama menulis artikel blog?

Pertama menulis artikel di blog terasa seperti membatik kain sepanjang 3 meter. Sama sekali tidak ada ide, kosong melompong di kepala. Saya paksakan untuk menulis pun hasilnya hanya satu paragraf dengan empat kalimat tidak tentu arah. Jahil banget waktu itu!

Alur hidup sehingga bisa membuat website pribadi?

Saya mengikuti alur umum seorang blogger. Dimulai dari rasa ingin tahu cara menulis artikel di blog, kemudian mencoba layanan gratis 000webhost.com. Tidak lama kemudian saya berganti aliran menjadi BLOGGER yang memanfaatkan layanan Blogger.Com, dan waktu itu saya bergelimang ***.blogspot.com. Cukup lama menjadi BLOGGER (sekitar 6 tahun) saya berbalik arah untuk memasuki dunia hosting, dan hingga sekarang akrab dengan CMS WordPress.

Apa yang didapatkan dari menulis artikel di internet?

Saya tidak memiliki alasan khusus, hanya saja saya merasa senang jika tulisan saya dibaca dan membawa manfaat bagi orang lain. Saya lebih memandang bahwa artikel di internet adalah arena sharing pengetahuan secara gratis dan siapapun bisa mengaksesnya. Terlebih kondisi iptek di NKRI sedang tertinggal begini, tidak ada gunanya untuk menyembunyikan pengetahuan.

Lebih penting mana “mengajar” atau “blogging”?

Mengajar peserta didik di sekolah adalah sebuah seni . Pengajar bisa saja menggunakan berbagai model pembelajaran di kelas, namun bagi saya hasil tulisan di blog merupakan salah satu cara menarik peserta didik menemukan sumber belajar lain yang mungkin berbeda. Lebih spesifik lagi, pelajar bisa mengeksplor lebih jauh pengetahuan dan ketrampilan lain lewat jaringan internet.

Sejauh apa kompetensi Anda di bidang pendidikan dan blogging?

Wah, susah juga jawabnya. Pertama untuk pendidikan saya adalah

  • lulusan S1 Pendidikan Biologi salah satu PTN di kota Malang, Jawa Timur
  • sempat bekerja di sekolah dan bimbingan belajar
  • mengikuti program Kemdikbud yaitu SM3T dan GGD
  • mendapatkan sertifikat profesi untuk bidang Biologi
  • aktif sebagai pengajar dan mengikuti berbagai training online

Untuk blogging dan hosting, saya belajar secara otodidak dan hingga kini berkawan dengan beberapa blogger seperti Varis Ical (pemilik https://teraa.net) dan Irfan Dani (pemilik https://pak.pandani.web.id), serta beberapa blogger spesialis adsense.

Pengalaman Berkesan Selain Blogging ?

Saya adalah orang yang lebih banyak keluar dari daerah asal di Kab. Pasuruan, walaupun nantinya saya tetap kembali ke kampung halaman. Selama masa rantau hingga sekarang, sekolah-sekolah yang pernah saya singgahi merupakan tempat berkesan.

yan surachman di smpn satap lemarang
Gambar: Yan Surachman bersama peserta didik di SMPN Satap Lemarang, Kec. Reok Barat, Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Ranah pendidikan merupakan area yang erat dengan saya, karena sejak dari kecil saya juga dibesarkan oleh seorang pendidik. Mungkin sudah kehendak Ilahi jika sekarang tetap berkecimpung di ranah pendidikan, dan saya banyak mensyukuri hal tersebut.

Yan Surachman di SMPN 6 Malang
Gambar: Yan Surachman (memakai almamater UM) mengajar di SMPN 6 Malang, Jawa Timur.

Setiap sekolah yang pernah saya singgahi sebagai pengajar, memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. SMPN Satap Lemarang memiliki daya juang khusus untuk tetap menyelenggarakan KBM walaupun jauh dari pusat kabupaten dan murid sedikit. SMPN 6 Malang memiliki sarana dan layanan pendidikan komplit, yang waktu itu menggunakan moving class.

Belajar Online Materi Sekolah Dimanapun Dan Kapanpun

Translate ยป