Poster Sistem Pernapasan Karya SMPN 1 Lewolema

Pak Yan, guru IPA, mengarahkan peserta didik kelas VII untuk mngekspresikan pengetahuannya tentang gangguan sistem pernapasan dalam bentuk poster. Poster yang dimaksud adalah poster yang dibuat dengan tangan sendiri (membaca, menulis, dan menggambar). Peserta didik di bebaskan untuk mencari bahan dari berbagai sumber, utamanya buku dan artikel internet.Berdasarkan topik yang dipelajari, maka terdapat alternatif untuk bahan poster yaitu poster influenza, poster asma, poster tubercolusis, poster pneumonia, bahan poster virus corona.

Macam Poster Sistem Pernapasan

Poster tentang Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu. Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae, yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Poster tentang Asma (“terengah”) adalah peradangan kronis yang umum terjadi pada bronkus. Ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel dan spasme bronkus. Gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa berat, ekspirasi memanjang, dan sesak napas.

Poster Sistem Pernapasan

Poster tentang Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah. Infeksi TB umumnya bersifat asimtomatik dan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila Tuberkulosis tidak diobati maka lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal.

Poster tentang pneumonia, adalah kondisi inflamasi pada paru—utamanya memengaruhi kantung-kantung udara mikroskopik yang dikenal sebagai alveolus.Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, obat-obatan tertentu, dan kondisi lain seperti penyakit autoimun.

Pak Yan memberikan kriteria untuk karya yang dibuat, antara lain: Judul, gambar, keterangan, pembuat, kebenaran informasi, tulisan jelas, proporsi, dan estetika. Alhasil karya yang dihasilkan pun lebih terarah.Berikut ini adalah beberapa karya yang dihasilkan peserta didik SMPN 1 Lewolema.

Poster Sistem Pernapasan Asma
About Yan Surachman 35 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*