Pemburu Pollen

Pollen Calliandra Surinamensis

Posted On
Posted By Yan Surachman

Tulisan ini merupakan re-post, karena sekitar bulan September awal website ini mengalami kendala teknis yang berakibat pada hilangnya data . Data yang hilang termasuk post yang mengulas tentang Pollen Calliandra Surinamensis ini.

Awalnya saya menemukan Calliandra di sekolah dengan sebutan lamantoro. Sebutan tersebut merupakan sebutan lokal di Welo, Painapang, Flores Timur, Nusa Tenggara Tmur. Sebuah daerah yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Saya mengetahui bahwa Calliandra adalah lamantoro dengan bantuan sebuah aplikasi berbasis android, yaitu Plantsnap.

Pollen Calliandra Surinamensis
Gambar Tumbuhan Calliandra Surinamensis

Tumbuhan ini sering ditemui sebagai tanaman di kebun maupun halaman rumah. Tentu saja sebagai tanaman hias. Selain untuk mempercantik lingkungan, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan kayunya sebagai bahan bakar. Daunnya yang berguguran ke tanah dianggap mampu untuk menyuburkan tanah.

“Lamantoro” merupakan anggota kingdom Plantae dari ordo Fabales. Lebih lanjut Wikipedia menyatakan bahwa tumbuhan ini merupakan family Fabaceae dan genus Calliandra. Tjitrosoepomo, dalam Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta, memasukkan tumbuhan ini dalam bangsa Rosales. Lebih lanjut masuk ke dalam suku Leguminosae (sub-suku Mimosaceae).

Pengamatan Pollen dilakukan menggunakan mikroskop cahaya dengan perbesaran 10×10 dan 10×40. Dikarenakan keterbatasan alat pengamatan, mungkin beberapa foto berikut terlihat kurang jelas untuk pembaca.

Gambar Benang Sari dan serbuk sari (pollen) Calliandra surinamensis.

Pollen Calliandra mudah didapatkan saat musim berbunga. Walaupun tumbuhan ini dapat berbunga sepanjang tahun, tetapi musim kemarau adalah musim terbaik melihatnya. Hal ini dikarenakan pada musim penghujan, bunga cepat terkena air dan tidak sempat mekar. Bunga yang terkena air lebih cepat busuk dan berguguran.

Gambar Pollen Calliandra Surinamensis yang menunjukkan poliard.

Berdasarkan berbagai referensi yang dihimpun oleh penulis, karakteristik pollen dari tumbuhan ini adalah bentuknya yang poliard. Secara kasar dimaknai memiliki banyak pollen dalam satu bentukan. Secara pribadi pun saya mengakui keindahan pollen Calliandra saat dilihat menggunakan mikroskop. Tentu bagi kamu yang berjiwa saintis dapat merasakan sensasi ini.

Related Post

leave a Comment

3 + 20 =

CONTENT PROTECTED