Peserta Didik Wajib Belajar Online Di Tahun 2020

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah BELAJAR ONLINE. Ternyata, istilah ini sangat penting dalam dunia pendidikan, terlebih di era 4.0. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang “Peserta Didik Wajib Belajar Online Di Tahun 2020“. Pastikan untuk membaca tuntas artikel ini sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru Indomangga tentang Ketrampilan Kerja Dan Ketrampilan Finansial dan Belajar Daring Lebih Kaya Sumber Belajar.

Peserta Didik Wajib Belajar Online, Mengapa?

Kebutuhan Informasi

Peserta didik kini harus berpandangan lebih luas terhadap zaman mereka hidup. Tidak seperti tahun 90-an yang masih tenang dan bergantung arahan orang tua. Era 4.0 menuntut peserta didik pro-aktif mengembangkan diri. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat cepat, menimbulkan tuntutan kemampuan adaptasi yang lebih fleksibel.

Peserta didik tidak lagi dapat mengandalkan arus informasi yang beredar di lingkungannya. Namun, harus disertai arus informasi global (mudah didapatkan secara online) untuk mengurangi ketertinggalan informasi. Oleh karena itu kemampuan IT mutlak diperlukan untuk menyangga masa depan.

SMPN 1 Lewolema Peserta Didik Wajib Belajar Online

Peserta didik yang membutuhkan referensi akademik juga dapat memperoleh banyak hal diinternet. Mereka tidak lagi harus membeli buku-buku cetak yang harganya mahal, namun hanya membutuhkan perangkat ponsel cerdas untuk mendownload semua buku digital.

Kualifikasi Pekerjaan Di Masa Depan

Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, ada beberapa keahlian yang dibutuhkan agar dapat sukses dalam menghadapi dinamika dunia kerja yang terus berubah. Terdapat 4 keahlian utama yang dibutuhkan untuk menghadapi industri 4.0. (dikutip dari https://indonesiabaik.id)

Pertama, kita harus memiliki keterampilan informasi, media, dan teknologi. Dengan istilah lain, kita harus melek teknologi. Yang dimaksud dengan keterampilan informasi, media, dan teknologi meliputi literasi media, keaksaraan visual, literasi multikultural, kesadaran global, dan literasi teknologi.

Kedua, keterampilan belajar dan berinovasi yang meliputi kreativitas dan keingintahuan, pemecah masalah (problem solving), dan pengambil resiko.

Ketiga, terampil dalam hidup dan belajar seperti memiliki jiwa kepemimpinan dan bertanggung jawab, memiliki nilai etis dan moral, produktivitas dan akuntabilitas, fleksibilitas dan adaptasi, sosial dan lintas budaya, inisiatif dan mengarahkan diri.

Keempat, memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang efektif seperti mampu bekerja dalam tim dan berkolaborasi, memiliki tanggung jawab pribadi dan sosial, dalam berkomunikasi harus interaktif, memiliki orientasi nasional dan global.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah kemampuan peserta didik untuk belajar online sangat penting dan harus didukung. Adapun yang perlu diperhatikan adalah kontrol dari orang tua dan guru terhadap peserta didik yang menggunakan akses internet. Terima kasih telah membaca artikel “Peserta Didik Wajib Belajar Online Di Tahun 2020” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 35 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*