Pengalaman Menjadi Blogger Pendidikan Selama 8 Tahun

Selamat berjumpa kembali sahabat YSOW (Yan Surachman Official Website). Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin berbagi Pengalaman Menjadi Blogger Pendidikan Selama 8 Tahun. Sudah beberapa bulan ini, saya jarang posting disini, dikarenakan kesibukan pekerjaan, sehingga kesulitan membagi waktu khususnya untuk membuat posting panjang. Namun, di artikel ini, saya berusaha “all out” kembali setelah ke-vakum-an tersebut.

Baca juga artikel terbaru YSOW tentang Klasifikasi Materi Dan Perubahannya dan Klasifikasi Makhluk Hidup.

Menjadi Blogger Pendidikan

Cara Memahami Hobi Blogger

Blogger merupakan salah satu perpaduan dari hobi menulis, kemampuan digital, dan riset pemasaran. Pada dasarnya memiliki kesamaan dengan penulis opini koran dan buku, namun terasa lebih bebas dalam hal tata bahasa dan ruang publikasi. Karena kebanyakan blogger akan bekerja tanpa editor, dan tidak akan membuang gaya tulis sendiri, walaupun kurang akrab di pandangan orang lain.

Pengalaman Menjadi Blogger Pendidikan

Berbau Marketing

Seperti ide besar awal pendirian internet bahwa jejaring ini sebagian akan dipergunakan untuk kebutuhan pemasaran antara negara. Maka dalam dunia blogger pun terdampak hal tersebut. Disamping karena perkembangan search engine Google yang menjadi candu, seorang blogger juga harus melakukan riset kecil untuk memastikan publikasi mereka tetap dapat dibaca dan diminati oleh pengguna jasa internet. Riset yang dimaksud disini adalah tentang Search Engine Optimation, Search Engine Friendly, dan Search Engine Domination.

Keunikan Blogger Pendidikan

Pendidikan adalah area yang 50 – 50 bagi seorang blogger. Mengapa demikian? Bagi seorang blogger, tentu harapan untuk meraih timbal balik dari menulis tetap ada. Sementara disisi lain, muncul perasaan untuk ikut serta memajukan dunia pendidikan dengan cara “berbagi” gratis. Dua pikiran/perasaan ini yang mengusik dan membuat hati saya selama 8 tahun bergejolak. Sehingga kini, saya pun memutuskan untuk memberikan sedikit iklan di blog pendidikan yang saya kelola.

Begitulah yang saya rasakan selama ini. Sehingga dengan ini, saya cukupkan untuk bercerita tentang Pengalaman Menjadi Blogger Pendidikan Selama 8 Tahun. Semoga ini dapat menginspirasi sahabat YSOW untuk terus menulis dan menulis. Jangan lelah untuk menghasilkan kerya tulisan baru, walaupun hari demi hari, umur semakin bertambah.

Apabila merasa setuju atau menolak tulisan dari sudut pandang saya ini, silahkan menuliskan unek-unek pembaca di kolom komentar. Apabila merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan share kepada rekan-rekan sahabat YSOW, agar lebih banyak lagi yang menuai manfaat dari tulisan ini. Terima kasih, sampai jumpa dipoting berikutnya.

About Yan Surachman 129 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*