Mind Map Permudah Pahami Konsep IPA

Mind Map atau peta pikiran adalah sekumpulan konsep pokok yang dihubungkan oleh garis, dimana satu merupakan hal yang lebih pokok dari pada lainnya. Mind Map menggambarkan apa yang ada di pikiran pembuatnya, bahkan dapat menggambarkan secara detail pengorganisasian pikiran seseorang. Peta pikiran memiliki cabang-cabang dimana sebuah konsep dapat dijelaskan lebih detail pada anak cabang.

tokopedia hilal edustore

Peta pikiran bukanlah hal baru, banyak lembaga pendidikan sudah menerapkannya. Penggunaan peta pikiran pada proses belajar reguler mendorong peserta didik mengorganisasikan pemahaman konsepnya lebih rapi. Peserta didik secara mandiri memilah hal pokok dan hal penjelasnya, serta mengekspresikannya dalam bentuk charta.

mind map karya pikiran pelajar smp

Sekilas melihat hasil peta pikiran peserta didik membuat asumsi bahwa proses pembuatannya mudah. Tentu saja mudah bagi yang sudah terbiasa, namun bagi peserta didik yang awam akan menjadi permasalahan. Bahkan jika peserta didik tidak fokus, dia akan kebingungan menggambarkan peta pikirannya dan mulai mencari pikiran teman terdekat.

Membuat peta pikiran adalah salah satu ketrampilan yang bisa dilatihkan. Ketrampilan membuat peta pikiran dapat membantu pelajar menyelesaikan permasalahan belajarnya. Pengguna mind map meyakini bahwa membuat mind map lebih dapat diterima pelajar dibandingkan mencatat umumnya. Peta pikiran dapat mempersingkat catatan pelajar sehingga tidak capek menulis, dan membantu recall materi sewaktu-waktu.

mind map atau peta pikiran

Keunggulan Mind Map Dalam Proses Belajar

Menyenangkan dan sederhana, adalah gambaran bahwa peta pikiran tidak membuat peserta didik tertekan dan jenuh. Selama kegiatan pembuatan peta pikiran peserta didik menuangkan apa yang ada dibenaknya tanpa ada yang menghalangi. Peserta didik pun merasa senang dan leluasa dengan karya berupa peta pikiran, tanpa menggunakan peralatan berharga mahal.

Melatih prioritas, adalah kondisi seseorang memilih sesuatu yang lebih pokok dibandingkan lainnya. Prioritas dapat membantu pelajar tetap fokus pada pekerjaannya dengan mengeleminasi pikiran-pikiran tidak relevan yang terlintas. Ketrampilan prioritas dilatihkan pada proses pembuatan peta pikiran, pelajar saat itu menentukan mana ‘hal pangkal’ dan ‘penjelasan’ pada percabangan peta pikiran.

Melatih berpikir runut. Peta pikiran menunjukkan kerunutan pikiran pelajar dalam menerima materi. Peta pikiran mengungkap sekaligus melatihkan pada pelajar tentang hal yang dilakukan lebih dulu, kemudian, dan langkah lanjutan.

mind map melatih kreatifitas

Kreatif dan bebas. Peserta didik dapat menggunakan segala daya dan upaya untuk membuat mind map terbaik. Warna, bentuk, model, bahkan bahan pembuatan dapat dimanipulasi untuk menghasilkan yang terbaik. Apabila diperlukan, pengajar memberikan reward dan mengabadikan momen bersama mind map tersebut.

Membantu penerapan metode ilmiah. Peta pikiran yang kreatif dan runut memiliki dampak pada gaya berpikir pelajar, ataupun sebaliknya. Pengajar perlu memberikan arahan agar kreatifitas dan ketrampilan berpikir runut (logis) peserta didik semakin terasah. Peserta didik yang terbiasa kreatif dan logis akan mudah mengikuti model belajar sains yang berbasis metode ilmiah, khususnya pada mata pelajaran IPA.

Banyak hal positif didapatkan ketika menerapkan mind map saat proses belajar. Peserta didik memerlukan bimbingan dan arahan selama belum terbiasa, dan rewards ketika karya mereka maksimal. Terpenting adalah peserta didik dapat mengambil manfaat dari apa yang sudah dipelajari di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =