Mikroskop Alat Menarik Bagi Pelajar SMP

Mikroskop merupakan peralatan yang lazim digunakan pada pelajaran IPA SMP, khususnya yang terkait dengan sel , jaringan, maupun organisme uniseluler. Sekolah yang memiliki laboratorium, dapat memiliki alat ini dalam jumlah yang cukup banyak. Bertujuan untuk dipergunakan untuk pelajar. Tentu pelajar di sekolah yang demikian sangat familar dan terampil, namun apa jadinya jika ternyata alat ini berjumlah terbatas.

tokopedia hilal edustore

Secara teoritis, sesuatu yang jumlahnya terbatas akan menjadi rebutan . Tidak terkecuali pula dengan mikroskop. Motivasi pelajar dapat berubah drastis apabila alat ini digunakan di kelas. Apalagi bagi pelajar SMP yang dari SD belum pernah mengenal alat ini. Tentu ada-ada saja tingkah aneh pelajar ketika menggunakan alat ini.

mikroskop saat digunakan pelajar

Motivasi Extra Akibat Mikroskop

Motivasi terbaik dalam belajar adalah motivasi yang muncul dari dalam diri sendiri. Motivasi ini muncul akibat hasrat tertentu dalam diri pelajar, sehingga berpengaruh pada aktifitas belajarnya. Salah satu rasa yang memunculkan motivasi internal adalah rasa ingin tahu. Keingintahuan akan suatu hal membuat seseorang lebih agresif dalam memperoleh informasi, termasuk membuat pelajar giat mencari bahan pelajaran.

pelajar menggambar amatan berbantua mikroskop

Pelajar yang belum mengenal mikroskop memiliki rasa penasaran tinggi. Mendorong pelajar melakukan apa saja untuk mendekati benda itu. Tentu respon yang dimunculkan oleh pelajar bergantung pada pengalaman belajar mereka sebelumnya. Bagi pelajar yang sama sekali tidak memiliki bayangan tentang alat ini, biasanya akan menggunakan dengan cara tak lazim. Demikian pula sebaliknya.

Respon Pelajar Yang Mungkin Muncul Akibat Ada Mikroskop

  • Semakin semangat untuk membaca cara penggunaan , disertai menghafal nama bagian-bagiannya.
  • Mencari perhatian supaya diberikan kesempatan menggunakan.
  • Menyerobot teman-teman lain dan maju terdepan.
  • Melakukan hal aneh saat memakai mikroskop, karena semangat lupa membaca cara penggunaan.
  • Tampil “cool” seakan tidak peduli, namun di dalam hati menunggu giliran untuk memakai.

Namun tidak juga menutup kemungkinan bahwa pelajar merespon selain aktifitas di atas. Para ahli psikologi meyakini bahwa manusia adalah pribadi yang unik yang sulit untuk disamakan satu dengan yang lain. Sehingga perbedaan respon terhadap adanya mikroskop adalah sebuah keniscayaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − two =