Guru Sains

Merdeka Belajar Dan Sains

merdeka belajar Posted On
Posted By Yan Surachman

Apakah program Merdeka Belajar Dan Sains memiliki hubungan spesial? Jawabannya adalah sangat erat bahkan bisa dikatakan sehati. Sains, dalam hal ini lebih dikenal dengan istilah IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menekankan pada kebebasan berpikir, kreatif, inovatif, dan solutif terkait permasalahan alam.

Thomas Alva Edison dapat dijadikan permisalan dalam membahas keterkaitan Merdeka Belajar Dan Sains. Ia, Thomas A Edison, adalah seorang yang menjiwai kebebasan berpikir sehingga pemikirannya tentang lampu dianggap tidak realistis pada waktu itu. Bahkan sering dianggap bodoh oleh pengajarnya. Tetapi orang yang miliki “Kemerdekaan Belajar” tidaklah terganggu dengan perkataan orang, bahkan tetap produktif menghasilkan solusi-solusi nyata yang hasilnya adalah bohlam.

Merdeka Belajar dan Sains
Gambar Menteri Nadiem A Makarim menjelaskan program Merdeka Belajar.

Kemerdekaan belajar memiliki arti penting bagi peserta didik mandiri, dan kurang memiliki arti bagi peserta didik yang pasif. Bagi peserta didik mandiri, “Merdeka Belajar” memiliki makna:

1. Bebas Mengkolaborasi Sumber Belajar, artinya peserta didik tidak lagi terbatasi oleh satu sumber belajar. Kolaborasi antara satu sumber belajar dengan sumber belajar lain yang berbeda disiplin ilmu memungkinkan untuk ketrampilan berpikir yang lebih baik. Kolaborasi ini nampak pada pembelajar STEAM, dimana peserta didik harus mempertimbangkan Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika untuk menghasilkan suatu karya.

2. Bebas Mendesain Ide. Program Mas Menteri Nadiem Makariem bermakna bahwa peserta didik diberikan ruang seluas-luasnya untuk mendesain idenya sendiri tentang suatu permasalahan. Peserta didik dapat menuangkan ide dalam bentuk kreasi percobaan sains, kreasi karya tulis, kreasi poster, dan aneka produk lain. Pengajar pun harus bersedia rela untuk melihat perkembangan kreasi peserta didik.

Dua kebebasan di atas merupakan sampel dari banyak dampak positif yang dihadirkan melalui kebijakan Merdeka Belajar. Masih banyak, dampak positif lain yang bisa diulas pada artikel-artikel berikutnya. Terima kasih telah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Related Post

leave a Comment

twenty + 1 =

CONTENT PROTECTED