Memilih Tema WordPress Terbaik 2020

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah Tema Website Ternyata, istilah ini sangat penting dalam proses membangun website, terutama WordPress. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang “Cara Memilih Tema WordPress Terbaik 2020“. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel ini sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru Indomangga tentang Cara Membuat SPT Wajib Pajak Pribadi Di DJP Online dan Cara Membuat AMP Transisional Di WordPress.

Syarat Memilih Tema WordPress Terbaik

Tampilan Tema WordPress

Tampilan website sangat menentukan suka atau tidaknya pengunjung. Tampilan website yang interaktif dan kekinian diyakini lebih disukai di tahun 2020. Kebergunaan konten memang menjadi perhatian utama, namun jika tidak disertai tampilan menarik kebanyakan pengguna bosan dan beralih.

Tampilan website juga sebaiknya dihubungkan dengan topik yang dibahas oleh website. Misalnya, website tentang teknologi harus menampilkan corak khas teknologi. Website campuran tekno-kesehatan seperti Indomangga Plus juga memilih tema bercorak hijau, yang mewakili topik ramuan herbal.

Keterbacaan Huruf (Fonts)

Nah, yang satu ini wajib dicermati. Seberapa pun menarik tampilan atau fitur yang ada di dalam website, jika HURUF TIDAK TERBACA maka semua percuma. Seorang Websiter atau Blogger wajib tahu bahwa produk mereka adalah artikel yang berguna bagi pembaca. Sehingga hukumnya wajib memilih tema yang hurufnya enak dibaca, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Ringan Saat Loading

Kategori ringan dan tidak, dapat dievaluasi dengan GTMetrix dan Pagespeed Insight. Kedua web tools ini memberikan data seberapa cepat website di load oleh pengguna. Serta memberikan saran optimalisasi website. Untuk menggunakan tools ini, silahkan langsung mengakses https://gtmetrix.com atau https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ dan mengetikkan halaman website yang ingin dievaluasi.

Tema WordPress Kompatibel AMP

AMP sekarang menjadi sebuah kewajiban, dikarenakan adanya proyek Google AMP yang memberi perangkingan tinggi pada website yang sudah menggunakan versi Accelerated Mobile Pages. Mau tidak mau para Blogger atau pengguna WordPress harus mengikuti. Dengan kata lain, jika menginginkan rangking tinggi di hasil Google Search, pilihlah tema yang mendukung itu. Dan AMP memang bertujuan baik, yaitu agar website dapat dilihat lebih cepat dari HP.

Dukungan Berkelanjutan

Sebuah tema terbaik haruslah mendapat dukungan dari produsennya. Dukungan yang dimaksud adalah dukungan update. Sehingga apabila CMS WordPress yang dipakai ter-update maka tema tersebut tetap kompatibel dan berjalan dengan baik Sebaliknya, jika tema yang dipilih tidak mendapat dukungan dari produsennya. Maka pengguna harus bekerja keras membenahi script tema sendiri.

Tempat Memilih Tema WordPress Terbaik

AMP-WP.org

Saya memberikan rekomendasi pertama mencari tema di AMP-WP.org. Mengapa? karena website ini web resmi kerja sama antara WordPress dengan pengembang AMP. Pada website ini, setidaknya terdapat 20-an tema yang sudah kompatibel dengan AMP. Tidak hanya itu, sepertinya dukungan update juga melekat pada tema-tema prioritas di website ini.

Tema CMS WordPress

Tempat yang satu ini layak untuk mendapat gelar “VERY RECOMMENDED“. Bertempat di menu Tampilan > Tema, dalam CMS WordPress Anda. Terdapat kurang lebih 4000-an tema berlabel Gratis dan mendapat dukungan update. Bahkan sebagian besar juga kompatibel dengan AMP.

MHTHEME.com

Nah, yang satu ini adalah produsen tema website ini. Saya tidak mengharuskan untuk memilih yang ini. Mengapa? karena mayoritas memiliki harga yang tidak ramah dikantong. Apalagi jika membuat sebuah website pribadi, yang tidak rutin update. Untuk MHTheme.com, sangat cocok untuk mencari referensi dan membandingkan tema website sendiri.

Ringkasan

Uraian diatas dapat diringkas sebagai berikut.

  • Menginstall CMS WordPress pada hosting Anda.
  • Menentukan tujuan website.
  • Browsing ke amp-wp.org atau menu Tampilan > Tema pada CMS WordPress.
  • Memilih 3 tema untuk di ujicoba.
  • Menentukan Satu Tema Terbaik untuk website.

Mungkin perlu waktu satu atau dua hari untuk membandingkan 3 (tiga) tema yang dipilih.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah perlu seleksi ketat untuk memilih tema WordPress. Adapun yang perlu diperhatikan adalah saat proses memilih perlu mempertimbangkan tampilan tema, keterbacaan huruf, ringan saat loading, kompatibel AMP, dan dukungan berkelanjutan.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Memilih Tema WP Terbaik 2020 ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 132 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*