Membuat Mind Map Tidak Mudah

Membuat Mind Map merupakan salah satu alternatif baik yang mendorong pelajar untuk mengorganisasikan apa yang telah dipelajari. Konten yang telah dikuasai akan dituliskan secara baik dalam bentuk sederhana. Konten yang dipelajari diambil “power point”nya dan itulah yang disematkan dalam struktur Mind Map. Alhasil, pelajar akan dengan mudah melakukan recall tentang materi melalui Mind Map.

tokopedia hilal edustore

Kebaikan dari mind map ternyata tidak langsung dirasakan oleh pelajar. Bahkan beberapa fenomena menjurus kepada kesimpulan bahwa mind map (peta pikiran) ialah sesuatu yang lebih kompleks dibandingkan mencatat biasa. Salah satu pelajar yang kesulitan menyatakan bahwa ia tidak mengetahui apa yang harus dia tulis pada peta pikiran. Beberapa pelajar juga menyatakan bahwa yang ditulis di peta pikiran mereka adalah kata kunci yang mungkin tidak saling berkaitan. Adapula yang secara gamblang menyerah untuk membuat peta pikiran, dan memilih mencatat biasa karena dianggap lebih lengkap.

membuat mind map unik

Fenomena di atas benar terjadi pada pelajar yang belum terbiasa membuat mind map. Adanya perbedaan karena kebiasaan inilah yang menggiring untuk berpikir bahwa membuat peta pikiran merupakan suatu ketrampilan tersendiri. Artinya bahwa kemampuan ini bisa dicapai dengan latihan secara rutin.

membuat mind map smpn 1 lewolema

Langkah Membuat Mind Map

  • Membaca atau mendengar topik yang akan dibuatkan mind map (peta pikiran)
  • Mencatat poin kuat dari apa yang dibaca dan didengar
  • Memilih dan memilah poin tercatat kedalam prioritas utama, prioritas kedua, dan prioritas berikutnya
  • Menemukan hubungan antara poin yang sudah tercatat
  • Mulai menuliskan sebuah poin sebagai prioritas paling utama
  • Menghubungkan poin utama dengan poin utama
  • Memecah setiap poin utama menjadi poin prioritas kedua dan seterusnya
  • Garis hubung antar poin menunjukkan bahwa ada hubungan erat antara kedua poin yang berhubungan

Umumnya langkah membuat peta pikiran di atas digunakan untuk memadatkan konten yang begitu luas supaya mudah dipahami. Namun, ada yang menyusun mind map berdasarkan alur berpikir/aktifitas, sehingga garis hubung pada mind map model ini menunjukkan adanya alur waktu dalam berpikir. Misalnya prosedur sebuah praktikum yang ditulis dalam flow chart.

membuat mind map ipa kelas 8

Beberapa sumber diluar menyebutkan beberapa jenis peta pikiran, namun yang paling penting adalah bahwa ini merupakan cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind map mendorong mengembangkan cara berpikir divergen dan kreatif. Mind map adalah alat berpikir organisasional yang sangat hebat yang juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan (Tony Buzan), dalam sebuah artikel.

Terkait dengan kesulitan yang dihadapi pelajar, lebih cenderung menuju pada kurangnya kebiasaan berpikir yang terorganisir. Alhasil, pelajar mengalami kesulitan untuk memulai poin utama sebuah mind map dan hubungannya dengan poin sub-nya. Tentu hal ini bukan sesuatu yang sangat buruk, melainkan sesuatu yang harus dilatihkan dan pasti pelajar mencapai kemampuan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =