Ketrampilan Kerja Dan Ketrampilan Finansial

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah KETRAMPILAN HIDUP (diantaranya ketrampilan kerja dan finansial). Ternyata, istilah ini sangat penting diaplikasikan dalam dunia pendidikan. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang pentingnya “Ketrampilan Kerja Dan Ketrampilan Finansial“. Pastikan membaca artikel sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru tentang Belajar Daring Lebih Kaya Sumber Belajar dan Cara Mengerjakan Tugas Dan PR IPA Sendiri.

Masalah Klasik Bernama Lapangan Pekerjaan

Lapangan pekerjaan adalah masalah klasik sebuah negara. Hampir seluruh negara di dunia dituntut oleh warganya untuk menyediakan lapangan kerja. Mengapa demikian? Jawabannya sederhana, yaitu warga negara memerlukan alat tukar (uang) untuk mempertahankan hidup. Warga perlu papan, sandang, pangan, serta kebutuhan lain seperti pendidikan. Dan di Indonesia pun, pemerintah sudah berjuang keras untuk itu.

ketrampilan kerja dan ketrampilan finansial

Lapangan kerja yang ada di Indonesia banyak, namun tidak semua sektor memberikan imbal hasil yang baik pada pekerja. Sektor industri adalah sektor favorit, yang banyak diharapkan warga, karena memberikan imbal hasil yang baik. Namun, jumlah industri tidak sebanyak pencari kerja. Sehingga tidak mungkin semua pencari kerja dapat ditampung di sektor tersebut.

Pemahaman Bersekolah Untuk Pekerjaan

Sejak tahun 1800-an, perubahan peradaban dunia berubah di segala sektor. Mulai sektor pertanian hingga teknologi mengalami perkembangan pesat, mendorong perubahan sosial, budaya, dan ekonomi. Pemantik perubahan ini adalah penemuan peralatan-peralatan baru.

Adanya pembaruan peralatan dalam aneka sektor industri, membuat kebutuhan tenaga kerja ahli meningkat. Sekolah adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk menyediakan tenaga ahli untuk itu. Dan semenjak itu pula muncul paradigma “bersekolah untuk pekerjaan“.

Sejumlah negara yang memiliki pengelolaan sekolah yang baik, tetap mempertahankan paradigma ini. Dalam hal ini, negara mampu mengkoneksikan lulusan dengan lapangan pekerjaan. Sehingga tidak terjadi kelebihan lulusan, yang berujung pada pengangguran.

Revolusi Komunikasi, Jaringan, Dan Robotik

Abad 20 merupakan titik perubahan budaya selanjutnya. Dimana kebiasaan, budaya, sosial, dan ekonomi akan berubah mengikuti kemajuan teknologi komunikasi, jaringan, dan robotik. Keahlian yang tuntut pun berbeda dari abad sebelumnya. Sehingga, mau tidak mau, sekolah pun harus mampu menyediakan lulusan yang kompatibel dengan kebutuhan jaman.

Komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis solutif, kreatif inovatif, merupakan empat kemampuan yang wajib dimiliki oleh lulusan sekolah di abad 21. Secara sederhana, lulusan didorong untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hidup dengan cara kreatif memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Sementara hal-hal yang bersifat hafalan/data akan ditangani oleh sistem otomatis dan robotika.

Ketrampilan Kerja Dan Ketrampilan Finansial

Sekolah yang baik adalah sekolah yang memberikan peserta didiknya ketrampilan hidup. Setidak-tidaknya untuk dapat bertahan hidup dengan tangan sendiri, yaitu ketrampilan kerja ditambah ketrampilan finansial. Dan kenyataannya, sekolah tidak mungkin memberikan ketrampilan kerja tanpa koordinasi yang baik dengan industri. Sehingga solusinya, sekolah harus bisa memberikan ketrampilan kerja paling tradisional yaitu berdagang. Dan harus disertai dengan ketrampilan finansial untuk mengelola hasil kerjanya.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka patutlah untuk menyatakan bahwa ketrampilan kerja dan ketrampilan finansial sangat diperlukan. Utamanya untuk melengkapi pendidikan karakter yang sedang digiatkan. Ketika kegiatan belajar mengajar berhasil membentuk pribadi yang kreatif. Maka produk kreatif ini dapat diperdagangkan dan bernilai rupiah. Dan hasilnya pun dapat dinikmati dengan pengelolaan finansial yang baik.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah ketrampilan kerja dan ketrampilan finansial sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 35 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*