Kelas VIII SMPN 1 Lewolema Membuat Poster Sistem Ekskresi

Salam sehat selalu, pada kesempatan ini saya ingin menceritakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Kelas VIII kemarin. Pada kesempatan tersebut peserta didik SMPN 1 Lewolema belajar tentang Sistem Ekskresi dengan tagihan produk berupa poster. Poster Sistem Ekskresi yang menjadi tagihan adalah poster sederhana hasil buah tangan peserta didik. Poster sederhana diambil dengan mempertimbangkan penghematan pengeluaran siswa.

Sebagaimana KBM pada umumnya, kelas IPA juga diawali dengan berdoa, absen dan pengarahan dari guru tentang kegiatan hari itu. Selanjutnya dengan prinsip “talk less do more”, peserta didik kelas VIII mulai mengkaji topik yang baik untuk dijadikan produk poster. Kelas VIII-A dan kelas VIII-B diberikan akses buku dan internet untuk menginspirasi pembuatan poster.

Poster Sistem Ekskresi Petrus bau Koten

Kelas VIII Lebih Akrab Dengan Poster IPA

Tak menunggu lama, kertas yang diperlukan oleh siswa siswi pun dibagikan. Pak Yan, mempertegas kembali tentang kriteria poster yang diharapkan. Poster sekurang-kurangnya memuat judul, gambar, keterangan gambar, nama pembuat, proporsi gambar, kebenaran informasi, dan estetik. Dan arahan dari Pak Yan tersebut langsung diaplikasikan oleh peserta didik SMPN 1 Lewolema.

Poster Sistem Ekskresi

Banyak cara yang dilakukan peserta didik kelas VIII-A dan VIII-B dalam membuat produk poster. Beberapa peserta didik nampak sibuk menjiplak gambar di buku. Gambar yang mereka pilih biasanya gambar yang mudah dan tidak rumit. Serta mereka berharap dengan produk tersebut bisa mendapatkan nilai terbaik di kelas. Sedikit dari peserta didik yang mengerjakan dengan tenang dan tidak memperdulikan gambar sederhana/rumit.

Melalui kegiatan KBM berproduk poster yang dilakukan beberapa kali dalam mata pelajaran IPA. Sebagaian besar peserta didik kini menganggap membuat poster sebagai hal yang tidak menakutkan. Berbeda saat awal memperkenalkan tagihan produk poster pertama kali, banyak yang mengaku sulit dan menolak. Seiring berjalannya waktu dan kesempatan mencoba berulang-ulang, akhirnya peserta didik kelas VIII terbiasa membuat produk poster.

Akhirnya peserta didik pun mampu menyelesaikan satu poster sederhana dalam satu tatap muka. Poster-poster tentang sistem ekskresi akan diposting dalam waktu dekat. Secara pribadi, saya berharap supaya peserta didik terbiasa untuk berkarya dan terus berkarya.

About Yan Surachman 23 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


1 × 1 =