Kecemasan Pelajar Saat Ulangan Harian

Kecemasan merupakan hal wajar yang terjadi pada manusia, khususnya pelajar. Namun, menjadi tidak wajar jika ternyata menimbulkan respon yang berlebihan. Menurut pakar psikologi, kecemasan pelajar merupakan rasa bingung pada sesuatu yang akan terjadi dengan penyebab yang tidak jelas dan dihubungkan dengan perasaan tidak menentu dan tidak berdaya. Kecemasan yang menimpa pelajar sering dalam kategori kecemasan ringan.

tokopedia hilal edustore

Kecemasan pada pelajar yang paling sering dialami adalah kecemasan terkait sosial kecemasan sosial ini memiliki kekhawatiran akan mempermalukan dirinya sendiri. Kecemasan ini biasanya berawal dari rasa takut akan diperhatikan, diamati, serta dinilai oleh orang lain karena kesalahannya. Selanjutnya, sering kecemasan pelajar juga diakibatkan oleh ketakutan mendapatkan hukuman karena pelanggaran tertentu.

kecemasan pelajar saat ulangan harian

Aneka Penyebab Kecemasan Pelajar

  • Tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan pengajar.
  • Telah melanggar tata tertib tertentu.
  • Tidak belajar sebelum ulangan.
  • Memiliki masalah dengan pelajar lain.

Selain 4 alasan di atas, masih banyak alasan lain yang membuat pelajar merasakan kecemasan. Misalnya sesuatu yang terjadi di rumah, kemudian membuat pelajar menjadi harap-harap cemas tentang itu. Pelajar tersebut pasti sudah tidak memiliki konsentrasi lagi ketika belajar di sekolah, tidak terkecuali saat pelaksanaan ulangan harian.

kecemasan pelajar dan faktor yang mempengaruhi

Lingkungan sekolah dan lingkungan rumah merupakan faktor pemberi pikiran terbesar bagi seorang pelajar. Lingkungan rumah merupakan tempat dimana pelajar mempunyai referensi sikap dan perilaku yang akan digunakannya di tempat lain. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang memberikan pengalaman belajar untuk pelajar yang selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua lingkungan ini aktif memberikan bentuk pada karakter pelajar. Akan tetapi lingkungan rumah memiliki peran lebih dominan, dikarenakan pelajar lebih lama bergaul dalam lingkup lingkungan rumah.

Perilaku Cemas Pada Pelajar

Ada banyak faktor yang menyebabkan kecemasan pada pelajar, demikian pula ekspresi perilaku pelajar yang menunjukkan kecemasan an ekspresi pelajar yang cemas umumnya ditandai oleh munculnya gerak-gerik tidak logis yang dilakukan. Perilaku yang lain yang sering di sekolah muncul adalah berkeringat walaupun kondisi sekitar tidak panas. Keringat yang muncul biasanya dominan di daerah kening leher dan punggung.

Pada saat ulangan harian, gerak-gerik yang tidak wajar pada pelajar (yang ingin berbuat curang) ditunjukkan oleh gerakan tangan serta arah menghadap pelajar yang bergeser. Fokus pelajar pun lebih dominan mewaspadai guru yang mengawas, tidak lagi fokus pada soal ulangan harian.

kecemasan pelajar

Ekspresi lain yang mungkin muncul pada pelajar yang merasa cemas adalah bersikap pura-pura tidak tahu. Padahal pelajar tersebut sedang mewaspadai posisi guru pengawas ujian yang berada di sekitarnya. Pada tipe ekspresi ini pelajar cenderung menghindari kontak mata dengan guru pengawas.

Terlepas dari tingkah laku unik yang ditunjukkan, pelajar memerlukan bimbingan dan motivasi dari pengajar. Respon positif pelajar dan pengajar sangat diharapkan guna mewujudkan pembelajar mandiri bebas kecemasan. Semoga uraian di atas menjadi bahan refleksi bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + eleven =