Kapilaritas Batang Di Kelas VIII SMPN 1 Lewolema

kapilaritas batang

Kapilaritas Batang merupakan salah satu topik dalam tema tekanan yang menjadi menu kelas delapan jenjang SMP. Tekanan memiliki cakupan penarapan yang luas dalam kehidupan nyata. Tidak hanya pada benda padat, namun juga benda cair dan benda yang berwujud gas. Kapilaritas adalah sampel penerapan tekanan pada benda cair.

Daya kapilaritas batang adalah kemampuan xilem batang untuk menaikkan permukaan air lebih tinggi dibanding dengan yang diluar pembuluh. Daya kapilaritas terjadi karena daya adhesi pada air dan mineral lebih besar dibanding daya kohesinya. Teori inilah yang coba dibuktikan oleh siswa kelas VIII A dan VIII B SMPN 1 Lewolema dalam pelajaran IPA bersama Pak Yan.

kapilaritas batang
Salah satu tumbuhan pacar air dalam percobaan kapilaritas batang kelas VIII SMPN 1 Lewolema

Bahan yang disiapkan oleh siswa antara lain batang pacar air, gelas air mineral, dan pewarna. Selain itu siswa juga dipersenjatai oleh bulpen dan kertas untuk mencatat setiap perubahan yang terjadi pada batang pacar air (Impatiens Balsamina L)

BACA : Manfaat Mungkudu Untuk Refreshing

Seluruh siswa kelas VIII berkolaborasi melakukan percobaan, sebelum masing-masing membuat laporan. Pak Yan berusaha memandu kegiatan supaya mudah dipahami dan dicatat dalam sebuah laporan yang baik. Siswa pun diajarkan untuk mengambil gambar dari kegiatan percobaan yang mereka lakukan.

Siswa terlihat sangat antusias dalam melakukan percobaan. Bahkan dalam beberapa kesempatan siswa tidak ragu untuk mengamati setiap detail perubahan yang terjadi pada batang pacar air. Siswa juga tidak ragu menggambar dan mengambil foto batang pacar air yang bagian sisi tertentu mulai berwarna hitam karena air tinta berwarna hitam mulai naik.

Bersamaan dengan percobaan, siswa mulai merancang laporan percobaan mereka. Rata-rata siswa berhasil menyelesaikan laporan percobaan hingga data pengamatan. Laporan sementara yang dibuat siswa kemudian dikumpulkan sementara sebelum di lanjutkan penyelesaiannya pada pertemuan berikutnya.

About Yan Surachman 35 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*