Empat Alasan Peserta Didik Enggan Belajar Mandiri

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah Belajar Mandiri. Walaupun terbukti kemandirian belajar ini sangat berpengaruh pada keberhasilan hidup, tetapi masih banyak peserta didik enggan memulai belajar mandiri. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang “Empat Alasan Peserta Didik Enggan Belajar Mandiri“. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel ini sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca artikel menarik lain: Cara Mengerjakan Soal IPA Fisika SMP/MTs dan Belajar Online Super Efektif Pada Peserta Didik.

Empat Alasan Peserta Didik Enggan Belajar

Takut Gagal

Takut salah, takut gagal, takut rugi, dan ketakutan-ketakutan yang lain adalah sugesti buruk dalam proses belajar. Bahkan tidak hanya belajar mandiri, seluruh aktifitas yang diawali dengan ketakutan menjadi tidak kunjung dimulai. Sehingga, sebisa mungkin hilangkan rasa takut untuk belajar.

Empat Alasan Peserta Didik Enggan Belajar Mandiri

Peserta didik harus paham, bahwa belajar adalah takdir manusia. Semua manusia ketika terlahir ke dunia, belum bisa membaca, menulis, atau bahkan menyanyi. Semua butuh belajar, sehingga saat belajar terjadi kesalahan, itu merupakan hal yang wajar.

Memiliki 1000 Alasan

Ketika hendak belajar, maka muncul 1000 alasan untuk menundanya. Hal tersebut adalah penyakit pikiran. Jika berniat untuk memulai belajar mandiri, maka peserta didik harus sudah mantab dengan segala konsekuensinya, termasuk waktu bermain yang semakin sedikit.

Berani menerima dan mengelola risiko untuk memulai sesuatu adalah pertanda kedewasaan diri. Sehingga, hilangkan alasan yang tiba-tiba muncul untuk menunda sebuah pekerjaan. Walaupun itu terasa sangat berat.

Kurang Skill Dan Pengetahuan

Ternyata, Belajar Mandiri adalah sebuah ketrampilan yang harus dilatihkan secara kontinyu. Semakin sering melakukan belajar mandiri, maka semakin banyak pengalaman, tips dan trik yang dikuasai. Pengalaman, tips, dan trik inilah yang menjadikan seorang pembelajar mandiri berbeda dengan peserta didik yang lain.

Malas

Malas adalah musuh manusia. Sehingga jangan sekali-kali bersahabat dengan kemalasan. Hal buruk dari kemalasan adalah membuang-buang waktu, sedangkan umur manusia terbatas. Jika dalam menjalani aktifitas tiba-tiba datang rasa malas, maka cepat-cepat mandi. Badan segar dan bersih akan menghapus energi buruk dari kemalasan.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah hilangkan empat alasan dari diri kita, dan mulailah untuk belajar secara mandiri. Terima kasih telah membaca artikel “Empat Alasan Peserta Didik Enggan Belajar Mandiri” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 129 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*