Download Aplikasi PGRI Flotim Mobile V000214

Cara Download PGRI Flotim Mobile

Tersedia direct download maupun drive download aplikasi PGRI Flotim Mobile. Link tersebut tersedia berikut ini.

Setelah melakukan download APK dari link tersedia, anda dapat melakukan instalasi secara mandiri. Dengan mengubah settingan default menjadi “dapat menginstall aplikasi dari sumber tak terpercaya”, maka aplikasi ini dapat dengan mudah terinstall di android.

Fitur APK PGRI Flotim Mobile

PGRI Flotim Mobile banyak memuat fitur, khususnya terkait program yang terlaksana oleh Pengurus PGRI Kabupaten Flores Timur. Beberapa fitur unggulan yang tersemat pada aplikasi adalah :

  • Profil PGRI Flotim
  • Sensus Guru Flotim
  • Pengajuan E-Kartu PGRI Flotim
  • Daftar dan download sertifikat Pelatihan/Workshop
  • Media Partner

Dalam bagian tajuk aplikasi juga tersemat aneka pemberitaan terkini tentang pendidikan. Sehingga aplikasi selalu update dan sangat fleksibel dengan perubahan yang terjadi.

Tujuan Pembuatan Aplikasi

Aplikasi ini berhasil terbentuk dengan inspirasi dari beberapa pihak yang cenderung spontanitas. Berawal dari Konferensi PGRI Cabang Witihama, yang secara bersamaan dengan peluncuran sensus guru oleh Ketua PGRI Flotim Maksimus Masan Kian. Tersebar flyer-flyer dari Bagian Informasi dan Komunikasi, Alfius Sabon, bergambar HP Android yang bertuliskan SENSUS GURU FLORES TIMUR. Tanpa sengaja saya, Yan Surachman, melihat hal tersebut dan mengingat kembali bahwa PGRI Flotim sebenarnya belum memiliki aplikasi android. Sementara saya memandang, Link Google Formulir Sensus tersebar begitu saja di Facebook dan WhatsApp dapat menyulitkan guru mengikuti program. Cukup sulit bagi guru untuk menemukan link formulir yang ada di grup WA atau FB setelah beberapa hari tertimbun berita-berita baru.

Pada 14 Februari 2021, Yan Surachman, membuat aplikasi PGRI Flotim Mobile dengan kode versi 000214. Aplikasi ini tidak serta merta beredar sebagai aplikasi PGRI Flotim, melainkan dengan mekanisme presentasi sederhana kepada Ketua PGR Flores Timur, Maksimus Masan Kian, S.Pd. Setelah Ketua merasa aplikasi ini cukup berguna nantinya, maka aplikasi ini pun beredar dalam grup WhatsApp dan Facebook. Aplikasi ini belum terdaftar dalam Google PlayStore, karena memang masih versi beta. Selama masa awal beredar, aplikasi ini mendapat dukungan dari Fandi Setiyanto, guru SMKN 1 Larantuka. Dia berharap aplikasi ini terus mengalami penyempurnaan.

Teknologi Aplikasi

PGRI Flotim Mobile adalah aplikasi web, yang berjalan sepenuhnya online. Sebagai aplikasi web, PGRI Flotim Mobile telah mendukung teknologi Accelerated Mobile Page (AMP) Google dan Progressive Web App (PWA). Sehingga aplikasi menjadi sangat ringan dan dapat terinstall lintas platform (Android, Windows, OS lain yang dapat terhubung internet). Secara rinci keunggulan aplikasi sebagai berikut.

  • Mendukung AMP dan sangat ringan
  • Lintas Platform (Android, Windows, dll)
  • Fleksibel dan tidak perlu banyak update aplikasi
  • Menggunakan server Singapura TIER 4 sehingga tidak mudah down
  • Tampilan sederhana/minimalis
  • Memiliki akses langsung yaitu https://apps.yansurachman.web.id

PGRI Flotim bukan aplikasi offline seperti banyak aplikasi di PlayStore. Sehingga ada sedikit perbedaan pada arsitektur tampilan luarnya.

Tinggalkan komentar