Cara Mengerjakan Soal IPA Fisika SMP/MTs

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah pernah mengerjakan soal-soal Fisika SMP. Ternyata, unttuk mengerjakan soal Fisika khususnya yang “hitungan” harus memiliki urutan tersendiri.. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang “Cara Mengerjakan Soal IPA Fisika SMP/MTs”. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel sampai habis, biar tidak gagal paham.

Cara Mengerjakan Soal IPA Fisika Praktis

Baca artikel YSOW lain: Belajar Online Super Efektif Pada Peserta Didik dan Cara Memelihara Semangat Belajar Dengan Menulis Artikel

Untuk mengerjakan soal Fisika, khususnya hitungan, sebaiknya mengikuti urutan DIKETAHUI-DITANYA-JAWAB. Dengan mengikuti cara tersebut, urutan berpikir akan menjadi runut dan tidak parsial. Misalnya untu mengerjakan soal dibawah ini:

Sebuah termometer Celcius menunjukkan angka 50oC. Berapakah angka yang ditunjukkan termometer Reamur pada suhu yang sama …

Cara Mengerjakan Soal IPA Fisika SMP/MTs

Maka langkah mengerjakannya sebagai berikut:

Diketahui : T oC = 50

Ditanya : T oR = ?

Jawab : T oR = 4/5 x T oC = 4/5 x 50 = 40

Langkah DIKETAHUI, menunjukkan apa saja variabel yang nilainya diketahui dalam sebuah soal. Semua variabel diketahui dituliskan nilainya, disertai dengan satuannya.

Langkah DITANYA, merujuk pada apa yang ditanyakan oleh soal. Dalam hal ini adalah variabel yang belum diketahui nilainya, namun memiliki keterkaitan dengan variabel yang sudah diketahui. Dengan menentukan variabel DITANYA, memungkinkan untuk mencari rumus tertentu yang dapat digunakan menyelesaikan soal.

Langkah JAWAB, merupakan tempat menuliskan persamaan (rumus) hingga melakukan hitungan penyelesaian. Pada tahap ini, kehati-hatian menjadi kunci meraih jawaban yang benar.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan metode DIKETAHUI-DITANYA-JAWAB adalah memudahkan memeriksa kembali pekerjaan. Hal ini penting ketika melakukan koreksi atas pekerjaan yang dinyatakan salah oleh bapak/ibu pengajar di sekolah.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah mengerjakan soal IPA Fisika SMP, khusunya hitungan, lebih mudah menggunakan urutan DIKETAHUI-DITANYA-JAWAB. Terima kasih telah membaca artikel “Cara Mengerjakan Soal IPA Fisika SMP/MTs“. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 129 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*