Cara Memelihara Semangat Belajar Dengan Menulis Artikel

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah SEMANGAT BELAJAR. Ternyata, memelihara semangat belajar bukan sesuatu yang gampang. Apalagi lingkungan sekitar tidak mendukung. Hmm, pastinya sulit. Pada posting kali ini, diulas tentang “Cara Memelihara Semangat Belajar Dengan Menulis Artikel“. Pastikan untuk membaca sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru YSOW tentang Website Sekolah Media Belajar Online Yang Terlupa dan Cara Menginstal Website YSOW Sangat Mudah.

Cara Memelihara Semangat Belajar Melalui Menulis

Supaya semangat belajar tetap terjaga, sebaiknya menulis setiap hari sebelum tidur. Apa yang ditulis? silahkan memilih salah satu jenis tulisan berikut.

Menulis Tentang Diri Sendiri

Menulis tentang diri sendiri bisa dikatakan lebih mudah. Kenapa demikian? dikarenakan sumber informasinya adalah diri sendiri. Melalui kegiatan menulis tentang diri sendiri berarti kita mengungkapkan indentitas diri, melakukan penilaian pada diri, sekaligus berlatih untuk mengurangi subjektifitas. Pikiran akan dilatih untuk memikirkan kalimat terbaik untuk menggambarkan diri yang sesungguhnya.

cara memelihara semangat belajar dengan menulis

Menulis Opini

Menulis opini berarti menuliskan pandangan terhadap suatu benda atau kasus. Menulis opini bisa jadi pendapat pribadi, atau juga pendapat yang dipengaruhi oleh referensi tertentu. Menulis opini setingkat lebih sulit dibandingkan dibandingkan menulis tentang diri sendiri. Dikarenakan perlu cukup sumber informasi untuk memastikan bahwa opini yang dibuat memiliki makna.

Menulis Prosedur

Menulis prosedur, berarti menuliskan hal yang membutuhkan langkah langkah tertentu. Misal menulis tentang cara membuat teh paling enak se-Indonesia. Maka dalam tulisan tersebut harus terdapat langkah mulai dari menyiapkan bahan hingga menyajikan teh. Kesulitan dari menulis prosedur adalah mencari kalimat terbaik supaya prosedur dapat diikuti oleh pembaca. Menulis prosedur memiliki kebermaknaan yang lebih tinggi, karena dapat membimbing orang lain belajar.

Menulis Karya Sastra

Menulis sebuah karya sastra berupa cerita pendek, novel, dan sejenisnya memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. Setiap kalimat yang dipakai harus dapat mengantar imajinasi pembaca ke arah tertentu yang menjadi maksud dari penulis. Sehingga penulis haruslah memiliki pengetahuan luas, kosakata yang banyak, dan memiliki imajinasi tinggi.

Menulis Karya Ilmiah

Menulis sebuah karya ilmiah termasuk jenis tulisan yang memiliki kesulitan cukup tinggi. Dikarenakan sebuah karya ilmiah harus melakukan serangkaian riset menggunakan metode ilmiah yang tidak boleh dimanipulasi. Karya ilmiah menyajikan laporan faktual terkait beberapa variabel, dan dihubungkan dengan sumber ilmiah lain. Sehingga keberadaan suatu karya ilmiah akan menjadi pelengkap bagi karya ilmiah lain sebelumnya.

Menulis Tulisan Inspiratif

Jenis tulisan ini sangat berharga, karena mampu memunculkan ide-ide kreatif pada orang lain. Namun, untuk membuat sebuah tulisan inspiratif harus melalui proses panjang. Diperlukan proses merenung, mengumpulkan fakta-fakta dan harus melihat sisi positif dari sesuatu. Biasanya tulisan inspiratif ditemui dalam bentuk Biografi tokoh tertentu yang dianggap sukses.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah Semangat Belajar Dapat Tetap Terpelihara Salah Satunya Melalui Kegiatan Menulis. Karena dengan menulis, seseorang tidak akan berhenti berpikir dan mengumpulkan informasi. Terima kasih telah membaca artikel “Cara Memelihara Semangat Belajar Dengan Menulis Artikel” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 129 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*