Cara Membuat File 7z, ZIP, GZIP, XZ, BZIP2, TAR, dan WIM

Membuat File 7z, ZIP, GZIP karena Alasan Keamanan

Demi keamanan sebuah file, kita harus mengubah format file tersebut supaya tidak bisa dengan mudah terbuka. mengubah format sebuah file terkadang memberikan keuntungan karena ukuran file tersebut ikut menjadi lebih kecil. memperkecil ukuran file adalah kompresi. banyak di antaranya zip, tar, gzip dan 7zip.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat file 7z, zip, dan gzip.

Dengan mengubah format file akan muncul pilihan untuk menaruh sebuah password sebelum kita membuka file tersebut. Adanya password ini membuat tidak sembarangan orang tahu untuk membuka. Bahkan seorang hacker pun akan kesulitan untuk membuka file seperti ini. Untuk membuat format file yang di atas kita memerlukan aplikasi yang bernama 7-zip.

Kebutuhan Aplikasi

Aplikasi 7-zip dapat download di website resminya www.7-zip.org secara gratis. 7-Zip adalah pengarsip berkas sumber terbuka. Menggunakan ekstensi nama berkas .7z, tetapi dapat membaca dan menulis dalam beberapa format lainnya misalnya, rar, zip, dan tar. 7-Zip dapat digunakan baik melalui antarmuka grafis, baris perintah, maupun integrasi shell Microsoft Windows.

Keunggulan aplikasi kompres 7zip adalah gratis, ukurannya kecil, dan dapat terintegrasi secara baik pada sistem operasi Windows. Sudah mendukung bahasa Indonesia dan tampilan menu-menunya mudah terpahami pengguna.

Langkah Membuat File 7z, ZIP, GZIP

  1. Download aplikasi 7Zip di https://www.7zip.org
  2. Menginstall aplikasi 7zip di Windows
  3. Klik kanan file target
  4. Pilih menu buka dengan 7zip
  5. Mengatur output ke format 7z, zip, atau gzip
  6. Menambahkan password pada isian kata kunci
  7. Melakukan eksekusi
  8. Maka dalam waktu singkat, aplikasi menghasilkan bentuk kompres dari file target.

Demikian cara melakukan kompres menggunakan aplikasi 7-zip. Apabila ada hal yang perlu penjelasan, silahkan menulis pada kolom komentar. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar