Budaya Menabung Dan Warga Sekolah

Budaya menabung adalah kegiatan penting. Menabung sendiri merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk keperluan masa depan. Menabung bertujuan untuk mempersiapkan dana yang dapat dimanfaatkan esok hari, entah keperluan dadakan atau pun keperluan terencana. Menabung mengandalkan konsistensi pelaku, semakin pelaku (penabung) konsisten maka hasil yang didapatkan pun semakin baik.

Tempat menabung terbaik adalah tempat yang dapat menjamin simpanan penabung. Tempat tersebut dapat berupa bank atau koperasi yang kredibel. Bank merupakan tepat yang paling populer dan direkomendasikan oleh pemerintah. Bank menjadi tempat menabung yang aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Penabung juga dapat memilih bank yang dikendaki misalnya, BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank BCA, maupun Bank Pembangunan Daerah.

Budaya Menabung di Bank BNI
Gambar Salah satu bank pemerintah (Bank Negara Indonesia) yang dapat dimanfaatkan untuk menabung

Budaya Menabung Di Sekolah

Sekolah merupakan miniatur kehidupan riil di masyarakat. Sekolah didesain sedemikian rupa sehingga peserta didik mendapat pengalaman belajar, tidak terkecuali tentang menabung. Menabung di sekolah dapat dimulai dengan menabung di wali kelas atau koperasi sekolah. Kegiatan ini melatih konsistensi peserta didik akan tujuan yang ingin dicapai dengan menabung.

Pegawai atau guru juga merupakan warga sekolah yang memerlukan budaya menabung untuk hari tua. Bahkan lebih urgen bila dibandingkan dengan peserta didik yang ada dalam tingkat belajar. Bagi seorang pekerja, menabung adalah hal yang harus dipaksakan. Berikut ini adalah tips menabung bagi pekerja di lingkungan sekolah:

  1. Sisihkan uang menabung sebelum digunakan untuk yang lain
  2. Pilih tempat menyimpan uang terbaik, yaitu di Bank (BCA, BRI, BNI, BTN, atau Bank Mandiri)
  3. Pilih alternatif menabung yang tidak membuat nilai uang semakin turun, misalnya Deposito, Obligasi, Reksadana, Emas, atau Saham Perusahaan.

Tiga tips di atas sudah lazim disharingkan oleh para motivator finansial, sehingga tidak perlu diragukan lagi keabsahannya. Demikian ulasan tentang Budaya Menabung Dan Warga Sekolah, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =