Belajar Online Super Efektif Pada Peserta Didik

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah BELAJAR ONLINE. Ternyata, belajar online memberikan dampak yang luar biasa. Pada posting ini, diulas tentang “Belajar Online Super Efektif Pada Peserta Didik“. Pastikan untuk membaca artikel ini sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru YSOW tentang Cara Memelihara Semangat Belajar Dengan Menulis Artikel dan Website Sekolah Media Belajar Online Yang Terlupa.

Belajar Online Super Efektif

Belajar Online Sebagai Bentuk Digital Sekolah

Walaupun secara keseluruhan tidak dapat disamakan, namun pada kondisi tertentu Belajar Online dapat dipandang sebagai bentuk digital sekolah. Aktifitas belajar mengajar, sumber belajar, adanya jadwal belajar, tugas, dan evaluasi pada Belajar Online menyerupai KBM di sekolah.

belajar online super efektif

Bahkan dengan belajar online, kondisi peserta didik lebih nyaman. Karena dapat dilakukan dari mana saja, selama terjangkau jaringan internet. Peserta didik dapat memulai belajar dari ruang belajar pribadi yang penuh dengan benda kesukaannya. Atau bagi para penggemar komik, bisa belajar di antara tumpukan komik-komik kesukaannya.

Belajar Online Tidak Mewah

Belajar online bukanlah barang mewah atau mahal, namun untuk melakukannya memang diperlukan modal. Modal tersebut dialokasikan untuk membeli HP, laptop, dan paket data internet. Dan memang demikian, karena pendidikan merupakan salah satu bentuk investasi pada manusia. Entah rugi atau untung dikemudian hari, semua bergantung pada pengelolaan investasinya (yaitu peserta didik).

Respon Peserta Didik Terhadap Belajar Online

Respon peserta didik terhadap belajar online bervariasi. Jika melihat kembali bahwa belajar online didominasi dengan melihat dan mendengar, maka peserta didik yang terbiasa dengan kinestetik diprediksi sedikit pudar semangatnya.

Demikian pula dengan peserta didik yang sedari awal memiliki motivasi belajar rendah, hasilnya tentu tidak akan memuaskan. Dibandingkan dengan berinvestasi melalui kegiatan belajar online, biaya belajar yang diperlukan mungkin terlihat lebih “urgent” bagi mereka.

Namun demikian, belajar online diprediksi memberikan hasil berlipat bagi peserta didik yang memang memiliki lingkungan literasi baik dan motivasi internal baik. Mereka akan cepat berkembang karena tersedia begitu banyak video, buku, dan tempat sharing di internet. Jika di sekolah mengandalkan perpustakaan, maka selama belajar online di internet mereka menemukan perpustakaan terbesar di dunia “BIG DATA”. Selanjutnya sumber tersebut dijadikan pengalaman-pengalaman baru bagi peserta didik. Alhasil, belajar online secara masif memberikan informasi dan pengalaman baru, dan dikatakan SUPER EFEKTIF untuk peserta didik.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah Belajar Online menjadi super efektif pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar besar. Terima kasih telah membaca artikel “Belajar Online Super Efektif Pada Peserta Didik” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 129 Articles
Belajar adalah cara terbaik untuk memperbaiki hidup. Setiap kesalahan yang dibuat kemarin, sebisa mungkin dihindari hari ini. Sehingga besok menjadi hari yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*